Oblok-oblok alias Botok ?

Kamis, 21 November 2013
Ingin mencicipi masakan kampung ? cobalah resep yang saya curi dari si mbahku ketika beliau masih hidup dan suka masak. Kenapa harus saya curi? karena saya pasti akan kena semprot manakala  saya ikut melihat-lihat simbah atau ibuku masak di dapur. Apalagi kalau sampai cerewet tanya ini itu yang membuatnya jadi gusar , dan Ia selalu bilang ora ilok ( pamali) laki-laki ada di dapur dan bukan pada tempatnya laki-laki ada di dapur. Saya tersenyum setiap mengenang kejadian itu, walhasil saya sering mencuri pandang untuk bisa mendapatkan resep-resep masakan tersebut yang ternyata sangat berguna buat saya dikemudian hari.
Inilah salah satu hasil curian yang bisa saya bagi.
Bahan-bahan :
- 1 buah kelapa yang masih muda ( parut kasar)
- 1 buah tempe uk. 10cm
- 50 gr  teri medan
- 50 gr petai cina
- 50 gr daun melinjo (potong kasar)
Bumbu-bumbu :
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 3 buah cabai hijau (iris bulat uk 1/2 cm)
- 1 ruas lengkuas
- 3 lembar daun salam
- garam secukupnya
Cara membuatnya :
- Panaskan 100 cc air, masukan bawang merah putih yang sudah dihaluskan dan bumbu lainnya. Setelah tercium aroma sedap dari bumbu tersebut masukan semua bahan-bahan, aduk terus secara perlahan hingga airnya berkurang. Masukan garam dan aduk kembali lalu angkat dan letakan di pinggan saji. Mudah bukan? Kalau ingin membuat botok maka anda tinggal membungkus masakan tersebut menggunakan daun pisang kemudian mengukusnya selama kurang lebih 15 - 20 menit. Jadilah botok.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Admin WeBlog

WeBlog ini dikelaola oleh Keluarga Besar yang punya harapan agar bisa reuni kelak di SURGA. Semoga bermanfaat dan jadikan keluarga kita menjadi "Keluarga Surga"....
Alloh Bersama kita...!!
Masukan silahkan kirimkan ke "email2bersama@gmail.com"

Dilihat Sebanyak....

Ubah Bahasa

 

© 2010 Ayo Masak...!!!